Search This Blog

Monday, March 29, 2010

Cara Membuat Mail Merge Pada Office 2007

Mail Merge merupakan fitur layanan yang diberikan pada Microsoft office word 2007, ini dipakai untuk membuat mailing atau memindahkan data tanpa copy paste, dari Excel atau sumber2 lain. Pada Office Microsoft word 2007 sangat nyaman untuk digunakan, kita juga dapat membuat mail merge disini dengan mudah, tidak seperti pada office 2003. Berikut adalah panduan cara membuat MAIL MERGE.
1. Bukalah Jendela File Word yang akan anda gunakan.seperti gambar dibawah ini.



2. Tunjukkan pointer pada Mailing toolbar sehingga akan Nampak gambar ribbon dibawah toolbar seperti di bawah ini





3. Jika anda ingin membuat alamat surat anda dapat klik pada envelope atau label, namun apabila andahanya ingin mengalihkan data ke file word yang anda buat klik pada start Mail Merge>> Letters



4. Selanjutnya anda harus membuat data program yang akan dibuat untuk mailings yaitu dengan cara klik pada Selec Recipients>> use existing file(namunjika anda punya file yang lain dapat memilih dari daftar bau maupun yang dari outlook sekarang kita akan membuat dari existing file (Excel)



5. Langkah Selanjutnya anda memilih data mana yang akan diambil dengan mencari pada select data source toolbar kali ini menggunakan data di Data F >>data excel >> Open




6. Setlah itu anda dapat mengedit terlebih dahulu data anda dengan menklik pada Edit Recipient List jika diperlukan namun Jika tidak anda sudah bias langsung menggunakannya.

7. Langkah Selanjutnya anda dapat mengetik nama, alamat, nomor ,dsb. Setelah itu anda dapt memasukkan data mailing kedalam nama, alamat maupun nomor dengan cara klik pada Insert Merge field>> NM_PES >>Nomor dsb.
Seperti gambar dibawah ini.



8. Selanjutnya untuk melihat berhasil atau tidak kita klik pada preview maka akan tamapak seperti di bawah ini


9. Untuk membuat banyak file sekaligus dan secara berurutan anda harus klik pada Next Record>>kemudian baru Nama Peserta >>Next record>> Nomor dsb.



10. Setelah selesai anda preview lagi untuk memastikan apakah anda telah berhasil dalam memasukan mailings pada document word anda. Setelah itu anda baru bisa membuat salinan print ataupun dikirim melalui emai ataupun yang lain.


Selamat mencoba.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Cara Membuat Mail Merge Pada Office 2007"

Post a Comment